berbagi berita bahagia

QS al anfal ayat 45

20100213

QS al anfal ayat 45

Subtansi QS 8, Al-Anfal ayat 45

maaf ayatnya g bisa keluar........dibaca sendiri di Al-Qur'an

artinya:
45. Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), Maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya[620] agar kamu beruntung.

[620] maksudnya ialah: memperbanyak zikir dan doa.


Subtansi:
1. Menghadapi segala sesuatu, terutama yang diperhitungkan mengandung resiko, hendaklah dilakukan dengan keteguhan hati.
2. Keteguhan hati yang dibarengi dengan Dzikrullah banyak-banyak, merupakan pintu gerbang menuju kebahagiaan/kemenangan.
Keterangan :
Dalam kasus ayat ini dicontohkan/dilatarbelakangi sebuh peperangan. Bahwasannya setiap kita menghadapi musuh haruslah dihadapi dengan keteguhan hati yang dibarengi dengan iman dan dzikrullah banyak-banyak, tidak dengan hati yang bimbang dan mencla-mencle. Karena jika hati kita teguh dan dibarengi dengan dzikrullah banyak-banyak maka apa yang kita lakukan(kekuatan) dalam menghadapi musuh tersebut, akan di buckup oleh Allah. Semua tingkah laku kita akan dibimbing oleh Allah sesuai janji-Nya dalam ayat diatas.
Jadi kita simpulkan ada tiga kata kunci pokok yang dapat kita saring dari keterangan diatas. Pertama yaitu Dzikrullah, kedua Iman, dan ketiga adalah keteguhan hati. Kalau kita lihat ketiganya sangatlah berkaitan sekali, bahwasannya iman adalah keteguhan hati yang harus selalu terkoneksi kepada Allah dengan senantiasa berdzikir kepada Allah. Kemudian kita timbal balik dari Allah adalah keberuntungan. Kalau sudah begini maka tidak ada alasan lagi untuk mundur melawan musuh.

2 comments

teruskan!!!!

Reply

Indonesia merdeka di buln ke -8, tahun 45...
dan itu bukan sebuah kebetulan, insya Allah sdh tertulis oleh ALLAH...

ALLAHUAKBAR..!!!

Reply