berbagi berita bahagia

Izin Mendirikan Bangunan

20141013

Izin Mendirikan Bangunan

Izin Mendirikan/ Membongkar Bangunan adalah Izin yang diberikan kepada seseorang/ kelompok untuk mendirikan/ membongkar bangunan yang berlandaskan asas pemanfaatan, keselamatan, keseimbangan, serta keserasian bangunan dengan lingkungannya. Pengertian bangunan adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau di dalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatan usaha, kegiatan sosial, budaya, maupun kegiatan khusus. DASAR HUKUM Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Selatan Nomor 21 Tahun 2008 tentang bangunan dan retribusi izin mendirikan bangunan. PERSYARATAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN /IMB 1. Permohonan yang bersangkutan 2. Fotocopy KTP 3. Bukti lunas PBB tahun terakhir 4. Surat Rekomenasi Kades/Lurah 5. Surat Rekomendasi Camat 6. Fotocopy Surat Tanah yang sah 7. Gambar Rencana Bangunan diketahui Dinas Pekerjaan Umum/Fatwa Teknis PU 8. Bukti lunas sempadan bangunan 9. Bukti lunas galian golongan C (untuk bangunan yang sudah didirikan) 10. Fotocopy NPWD 11. Surat keterangan tetangga kiri-kanan 12. Rekomendasi PU 13. Rekomendasi Dinas Pertanian dan Kehutanan 14. Izin HO (bila berdampak pada lingkungan sekitar lokasi pembangunan) 15. Surat kuasa dari pemohon kepada pihak yang dikuasakan bermateraikan cukup (jika dikuasakan) BIAYA : (1) Besarnya retribusi Izin Mendirikan Bangunan ditetapkan sebagai berikut : a. Tarif Bangunan. Tarif Bangunan = Luas Bangunan x Standar Harga Dasar Bangunan Per M² x Koefisien Lantai Bangunan x Prosentasi Fungsi Bangunan Maksimal 4 %. Prosentase Fungsi Bangunan Maksimal 4 % = Angka Prosentase tertinggi yang diperkenankan sebagai angka pengali dalam komponen perhitungan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). b. Tarif Administrasi. Tarif Administrasi = Biaya Pendaftaran + biaya Pemeriksaan Gambar/Koreksi Gambar + Biaya pengawasan + Biaya Sempadan. Biaya Pendaftaran = 1% dari tarif bangunan; c. Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (RIMB). RIMB = Tarif Bangunan + Tarif Administrasi (2) Koefisien Lantai Bangunan ditetapkan sebagai berikut : NO TINGKAT BANGUNAN KOEFISIEN 1. Lantai basement 1.200 2. Lantai Dasar 1.000 3. Lantai I 1.090 4. Lantai II 1.120 5. Lantai III 1.135 6. Lantai IV 1.162 7. Lantai V 1.197 8. Lantai VI 1.236 9. Lantai VII 1.265 Dan seterusnya setiap kenaikan 1 (satu) lantai ditambah sebesar 0.030. dalam hal perhitungan ketinggian bangunan dari atas permukaan tanah tidak melebihi 7 (tujuh) meter dianggap 1 lantai, dan seterusnya. (3) Besarnya standar harga dasar bangunan dan Prosentase Fungsi bangunan ditetapkan dengan Keputusan Bupati. (4) Penetapan besarnya tarif retribusi untuk bangunan : a. Pagar; b. Menara; c. Bangunan Reklame; d. SPBU (Stasiun Perbekalan Bahan Bakar Umum) e. Kolam Renang; f. Lapangan Olah Raga Terbuka; g. IPA (Instalasi Pengolah Air); h. IPAL (Instalasi Pengolah Air Limbah); i. Perkerasan Halaman / Rabat; j. Reservoar; k. Pengurugan Lahan Bangunan; l. Jambatan; m. Turap (Tembok Penahan Tanah); n. Galian Penanaman Instalasi; o. Septictank; p. Saluran; q. Gorong-gorong; r. Jalan; s. Kabel Udara; t. Gardu Gantung; u. Bangun Bangunan Reklame; v. Penyangga Mesin; w. Mezanine; Dihitung berdasarkan : Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang diajukan Pemohon X Prosentase Fungsi Bangunan yang diberlakukan pada bangunan dimaksud. MASA BERLAKU : Sertifikat laik fungsi/huni berlaku selama 20 (dua puluh) tahun untuk rumah tinggal tunggal dan rumah tinggal deret dan 5 (lima) tahun untuk bangunan lainnya serta wajib diperpanjang untuk jangka waktu yang sama.