berbagi berita bahagia

Sosok Muda Inspiratif dengan Sejuta Talenta Dialah Merry Riana

20141223

Sosok Muda Inspiratif dengan Sejuta Talenta Dialah Merry Riana

Cantik, muda, cerdas dan berbakat, itulah gambaran yang tepat disandang oleh Merry Riana, miliarder muda yang namanya melejit berkat kesuksesannya meraih penghasilan lebih dari 1 juta dolar AS melalui bisnisnya ketika usianya menginjak 26 tahun.

pencapaian spektakuler yang sangat jarang bisa diraih oleh kebanyakan orang seusianya.

Hebatnya lagi, penghasilannya yang luar biasa itu berhasil diraihnya hanya dalam waktu singkat, tepatnya 4 tahun sejak kelulusannya di Nanyang Technological University (NTU).

Prestasinya yang fenomenal ini dimuat dalam sebuah artikel berjudul “Dia mencapai satu juta dolar pertamanya hanya di usia 26″, di koran nasional Singapura, ‘The Straits Times’, 26 Januari 2007.

Berbagai media cetak di Singapura dan negara lain seperti Indonesia, Malaysia, bahkan Vietnam pun memberitakan keberhasilannya.

“Puji syukur, semua itu bisa saya raih berkat perjuangan keras dan doa. Apalagi dulu saya melalui masa-masa kuliah dengan keadaan ekonomi yang sangat memprihatinkan,” ungkap perempuan yang akrab disapa Miss Merry ini.

Ia mengaku ketika menjalani masa-masa sulit di Singapura, dirinya harus bekerja part-time sebagai seorang pembagi brosur di jalan, staf di toko bunga dan pelayan restoran di hotel.
Tentangan Orangtua Jadi Cambuk

Itu semua merupakan bukti bahwa kesuksesan yang diraih Merry saat ini tidak instan, melainkan merupakan hasil dari proses perjuangan kerasnya yang begitu panjang dam berliku. Terlebih dulu saat Merry memutuskan untuk menjadi entrepreneur, orangtuanya sempat menentangnya.

“Orangtua saya sempat tidak setuju dengan keputusan saya, tapi saya minta waktu selama tiga bulan. Kalau tidak berhasil, saya akan mengikuti keinginan mereka. Syukurlah saya mampu membuktikan itu semua sehingga orangtua tak punya alasan lagi untuk melarang saya,” ujar perempuan kelahiran Jakarta, 30 Mei 1980 ini.

Perjuangan hidupnya meraih kesuksesan ia tuangkan dalam sebuah buku berjudul “Mimpi Sejuta Dolar” karya Alberthiene Endah yang berhasil menjadi buku best seller.

Setelah sukses meluncurkan buku tersebut, Merry kembali meluncurkan sebuah buku karangan Clara Ng yang berjudul “Langkah Sejuta Suluh” (2014).

Mimpi Sejuta DolarMerry Riana saat meluncurkan buku berjudul “Mimpi Sejuta Dolar.” (Foto: Dok. pribadi Merry Riana)

Bila dibuku pertamanya, Merry banyak bercerita bagaimana dirinya saat itu yang masih berstatus mahasiswa di Singapura dengan kondisi ekonomi pas-pasan bisa menjadi seorang miliarder muda. Sementara di buku berjudul “Langkah Sejuta Suluh” bercerita lebih dalam tentang perjalanannya menuju kesuksesan.

“Menurut saya, formula sukses itu adalah vision, action dan passion. Kalau “Mimpi Sejuta Dolar” menceritakan mimpi saya, sementara “Langkah Sejuta Suluh” lebih banyak mengisahkan action-nya,” jelasnya.

Kini Merry tak hanya dikenal sebagai miliarder muda, tetapi juga penulis buku terlaris dan motivator perempuan nomor satu di Indonesia dan Asia.

Sebagai public figur di bidang keuangan dan pendidikan di Asia, Merry telah berhasil membuktikan dirinya. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian prestasinya.

Di usianya yang masih muda, Merry telah mencapai banyak kesuksesan, bahkan lebih dari apa yang pernah dilakukan oleh orang-orang seusianya. Merry berhasil memenangkan berbagai penghargaan dan memecahkan rekor industri dari waktu ke waktu.

Hebatnya lagi, dalam beberapa tahun terakhir, Merry telah mengembangkan organisasinya, MRO (Merry Riana Organization), sehingga sekarang beranggotakan lebih dari 50 orang.

“Semua anggota MRO adalah profesional muda yang luar biasa, yang percaya akan visinya dan telah bekerja bersama dengannya untuk mencapai impian mereka bersama,” jelasnya bersemangat.
Bisnisnya Terus Berkembang

Dan saat ini, Merry memiliki dan mengelola beberapa bisnis di industri yang berbeda, yaitu di bidang Jasa Keuangan, bidang Seminar & Pelatihan, dan bidang Non-Profit.

Melalui organisasinya tersebut, dia akan memperluas jangkauannya bahkan sampai lebih dari bisnis-bisnisnya saat ini, dengan menggunakan semangat, hasrat, dan keahlian bisnis yang sama, yang telah membuat usaha-usaha sebelumnya sukses di Asia.

MRO itu sendiri, lanjut Merry, berbasis di Singapura, di mana dirinya saat ini berada.

Lebih lanjut, Merry juga mengatakan bahwa selama lima tahun terakhir ini telah memotivasi dan melatih lebih dari 50.000 profesional, manajer, eksekutif, pengusaha, ‘salespeople’, guru, dan mahasiswa.

“Mereka kami motivasi dan latih untuk memanfaatkan kekuatan pribadinya dan mencapai keunggulan di berbagai bidang, seperti ‘Entrepreneurship’, NLP (Neuro-Linguistic Programming), Perencanaan Keuangan, Strategi Pemasaran dan Penjualan, Motivasi, Keterampilan Presentasi & Komunikasi, dan banyak lagi,” urainya panjang lebar.

Alasan utama Merry memutuskan untuk fokus ke dunia inspirasi dan motivasi, karena dorongan kuatnya untuk membantu orang lain dalam mencapai keberhasilannya.

“Saya ingin membangkitkan generasi baru yang sukses, yang bertanggung jawab atas kehidupan mereka, hidup sesuai dengan impian mereka, dan pada akhirnya, memberikan kontribusi kembali ke masyarakat,” jelasnya.