berbagi berita bahagia

cara membuat kulit martabak

20150424

cara membuat kulit martabak

Cara Membuat Kulit Martabak dengan Mudah

Martabak telor, sudah tidak asing lagi telinga kita mendengar nama kuliner yang satu ini, martabak merupakan kuliner yang sudah dikenal sejak lama, banyak sekali orang-orang yang menyukai martabak telor karena rasanya yang nikmat dan harganya yang masih bisa dijangkau oleh masyarakat kalangan bawah.
Di pinggir-pinggir jalan banyak sekali yang menjajakan martabak telor dari martabak telor yang biasa sampai martabak telor yang super spesial, yang membedakan martabak telor yang biasa dan martabak telor super spesial hanya pada isinya saja, martabak spesial biasanya isinya menggunakan telor bebek dan di beri tambahan daging yang di cincang, sedangkan yang biasa hanya menggunakan telor ayam.
Jelas semakin spesial martabak semakin mahal pula harganya. Namun mungkin buat Anda yang senang bereksperimen sebaiknya Anda mencoba membuat martabak telor sendiri dengan varian rasa yang berbeda dari biasanya. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara membuat kulit martabak telor, silahkan Anda baca referensi dari buku resep yang Anda punya.
cara membuat kulit martabak
Namun jika Anda tidak memiliki referensi yang cukup baik sebaiknya jangan bingung karena disini akan membahas bagaimana cara membuat kulit martabak telor dan sekalian membuat martabak telor yang nikmat dengan bahan yang mudah kita temukan di dapur kita.
  • 200 gram tepung terigu 
  • 30 gram minyak sayur untuk campuran adonan
  • ½ sdt garam
  • 160 ml air
  • 1 butir telor ayam/telor bebek(spesial)
  • Minyak sayur secukupnya, untuk merendam adonan

  1. Campurkan seluruh bahan-bahan dan aduk hingga rata dan kalis
  2. Setelah adonan rata dan kalis, langkah selanjutnya adalah membentuk adonan menjadi bulat-bulat, olesi permukaan adonan dengan minyak sayur, diamkan sekitar 10 menit
  3. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil martabak yang ideal, timbang adonan seberat 40 gram dan bulatkan kembali.
  4. Setelah itu istirahatkan adonan kurang lebih 30/60 menit dan kemudian lumuri permukaan adonan dengan minyak sayur


Demikian tadi adalah cara mudah untuk membuat kulit martabak yang renyah dan juga sempurna. Karena dengan kulit martabak yang sempurna Anda bisa membuat martabak telor spesial dengan ukuran yang sangat besar dan tidak mudah sobek. Semoga cara membuat kulit martabak di atas bisa Anda gunakan untuk membuat kulit martabak di rumah. Baca juga artikel selanjutnya yang akan membahas bagaimana cara membuat martabak telor spesial dan nikmat.