berbagi berita bahagia

lucid dream, cara melakukan lucid dream

20150409

lucid dream, cara melakukan lucid dream

A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan 'kesadaran' orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid. * Langkah-langkah : 1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa 'saya akan melakukan lucid dreaming'. 2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep. 3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. Jangan pernah berontak ketika fase ini terjadi. 4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah jangan memunculkan rasa takut anda sedikit pun disini. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda. 5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap. 6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan? B. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid. * Langkah-langkah : 1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun. 2. Cobalah relaks, pejamkan mata. 3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih. 4. Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara nose plugging (menutup lubang hidung), jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal. C. CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra untuk mencapai fase lucid dream. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata. * Langkah-langkah : 1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan. 2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid. 3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur. P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan. D. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dream. Contohnya seperti Googles Nova Dreamer, Vibrating Watch, Brainwaves, dan program/alat induksi lainnya. DREAM INDUCE A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan 'kepekaan' diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dream. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending. * Langkah-langkah : 1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. 2. Selalu berpikir kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, "Ini mimpi!", lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda. * Alternatif : 1. Biasakan melakukan Reality Check, karena RC adalah salah satu penyebab besar terjadinya lucid dream. Khususnya ketika bangun tidur atau ketika anda berada di tempat tidur, hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya false awakening. 2. Membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/pisdol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa "Jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul". Jika komunikasi alam bawah sadar berhasil, niscaya anda akan dapat menemukan tanda itu ketika dalam mimpi. B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan kesadaran diri pada fase REM untuk mencapai fase lucid dreaming. * Langkah-langkah : 1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik) 2. Teknik ini didasari pada fase REM, ketika anda bermimpi berarti anda berada pada salah satu perputaran fase REM. Jadi usahakan diri untuk terbangun ketika fase REM/mimpi itu selesai, tetapi jika dirasa sulit set alarm/Lucid Timer sekitar 3 - 4 jam setelah anda tidur. (usahakan menggunakan suara reminder/alarm yang soft [jangan lupa juga set alarm akan mati secara otomatis setelah 1 - 2 menit]) 3. Ketika alarm soft ini berbunyi anda akan berada pada posisi 'antara bangun dan tidak'. Tetapi ingat, jangan melakukan gerakan apapun! Hal ini ditujukan agar tubuh masih bisa kembali ke fase REM dengan kesadaran, atau dengan kata lain masuk mimpi dengan sadar dan anda akan dapat melakukan lucid dream. 4. Niknmati semua fase yang dirasa, karena teknik ini umumnya juga melewati sleep paralyze tetapi dalam waktu yang lebih singkat. Teknik ini juga bisa kita sebut dengan 'Short WILD'. C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan afirmasi dan mimpi yang sebelumnya telah terjadi. * Langkah-langkah : 1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik) 2. Sebelum tertidur, tanamkan kepercayaan kepada pikiran alam bawah sadar bahwa nanti ketika bermimpi anda akan lekas terbangun dan mengingat segala detail dan dream sign mimpi. (dapat juga dengan memasang alarm 4 - 4.5 jam setelah kita tidur) 3, Setelah terbangun, langsung catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku (Dream Journal), usahakan untuk melakukan dream recall dengan sebaik mungkin. 4. Cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk 'melanjutkan' mimpi yang sudah kalian alami. Sebut secara konstan dalam hati: "Ketika nanti saya bermimpi, saya akan sadar, dan saya akan melakukan lucid dreaming". 5. Ingat, selalu aware untuk segala dream sign dan melakukan reality check . 5. Welcome to the dream world! *NOTE : Semua teknik induksi diatas dianjurkan dilakukan dengan menggunakan bantuan WBTB. A.1. WBTB (Wake Back To Bed), dalam aplikasinya WBTB dapat dilakukan untuk mengoptimalkan semua teknik-teknik lucid dreaming. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 3-4 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik induksi yang anda inginkan. 86 Responses so far. vankamal says: 21 Desember 2011 06.40 Lagi nyoba-nyoba nih ;) Agung Ling says: 13 Maret 2012 13.17 susahnya... T.T Bambang Sutrisno says: 1 Mei 2012 03.21 Baru mau belajar LD mudah2an bisa... yue erura says: 22 Juni 2012 16.29 saya sering lucid dream yang tidak disengaja,tapi kalo saya coba lucid dream slalu gagal di tahap sleep paralyze. kebanyakan ngalamain lucid dream sich kalo pas malem kbangun trus tdr lagi biasanya saya ngalamin lucid dream. alle says: 5 Juli 2012 01.33 saya sudah mengalami lucid dream dimulai dari saya duduk dibangku smp sekitar 1996 an dan saat ini saya sudah sampai ke tahap Astral Projection, dan tips and trik saya sebelum LD agar lebih mudah jika kita berolah raga dahulu kurang lebih 2 jam sebelum tidur, lalu dibantu juga dengan mengkonsumsi buah pisang (dianjurkan sunpride atau pisang dengan kualitas bagus), Nandha Yudhistira says: 27 Juli 2012 12.20 Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. Andhika Lady Maharsi says: 13 Agustus 2012 23.14 Aku termasuk orang yang gampang Lucid dream. Pengalaman sih bisa ada 2 teknik. Yang pertama niat mau lucid dream, pakai acara sleep paralysis segala. Baru kita bisa lucid. Yang kedua kalau tiba2 kita bermimpi dan langsung sadar di mimpi kalau "itu cuma mimpi". Aku bisa langsung gonta ganti skenario mimpi, bisa terbang, ketemu orang, sama menciptakan sesuatu. Asyik pokoknya. :) Makasih udah membuat web tentang ini. :) emo-emotional abiyu says: 11 September 2012 06.18 Cara bangunnya bagaimana? ricko_sephard says: 16 September 2012 05.16 atas: bangunya gampang.. nahan supaya gak bangun yang susah Gantan Etika Murty says: 6 Oktober 2012 19.35 dalam minggu ini sudah 2 kali, tapi sering juga @gilangnp says: 3 November 2012 03.58 Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. @gilangnp says: 3 November 2012 04.06 Saya sih lebih sering kebetulan aja ya, di tengah-tengah mimpi dan tersadar bahwa saya sedang di dalam mimpi. Asik sih, tapi ga puas aja rasanya. Saya sering nyoba dengan teknik WILD, tapi pas di tahap sleep paralyze selalu gagal. Ngeri juga rasanya. Ayyuz's Blog says: 3 November 2012 21.25 beberapa orang ngomong lucid dream ga bisa balik? bener apa? aris says: 16 November 2012 13.22 waktu sering tidur di kantor (di ruang istirahat yg serem) hampir setiap kali tidur selalu msk lucid dream dan sangat sulit untuk bangun ;-( tapi saat lucid dream hanya ada skenario yg menyeramkan, saya sadar bahwa saya sedang bermimpi tapi saya tidak bisa merubah sesuai keinginan saya, mungkin karena disebabkan pada saat itu yg saya pikirkan hanya ingin cepat2 tersadar Reynaldi Francois says: 30 November 2012 21.36 Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. Ane says: 2 Desember 2012 07.31 sering banget sleep paralyses, tapi lum nyampe lucid dream keburu pengen bangun duluan, pertama nyoba lucid dream rasanya kayak masih sadar biasa tapi koq hanya bisa ngrasain sebentar ya? itu lucid dream bukan ya?apa karena langsung terlelap tidur? Budi Hartanto says: 7 Desember 2012 16.12 pengen bisaaaaaa.... deni moes says: 19 Desember 2012 16.50 saya semalem ngerasa mimpi dan tersadar sedikit ,dan itu gak sengaja . Bingungnya kok saya rasa saya berpindah pindah tempat yg saya ingat. dan saya juga sering sekali tindihan apa itu bisa membantu untuk lucid dream . thanks sebelumnya Reynaldi Francois says: 24 Desember 2012 01.18 ya, tindihan membantu! itu namanya sleep paralysis. Cek tentagn sleep paralysis di dalam blog aku lucid-dreaming-101.blogspot.com atau smarturl.it/LUCID Andhika Lady Maharsi says: 24 Desember 2012 01.26 Kalau pas udah tidur sudah merasa ketindihan / Sleep Paralysis, biarkan aja. Let it flow. Jangan panik atau berusaha bangun. Kalau maksa bangun malah rasanya berat banget dan nggak enak banget pokoknya. Nanti setelah berhasil melewati fase itu, biasanya jiwa astral (nggak ngerti istilahnya apa) kita kaya keangkat dari jasad tapi ga sampai nyawa (mati kali kalo nyawa juga. Hehe). Nah, pada saat itulah kita berati udah lucid. Kita bisa ngelakuin apapun yang kita suka. Termasuk Wet Dream kalo mau (iya, aku blak blakan tapi that is real). Masalah bisa bangun atau tidak, selama ini aku sih lancar2 aja. Seperti tidur, Lucid Dream juga ada waktunya, kalau tubuh kita nyuruh kita bangun, ya bangun aja seperti biasa. Oh iya, kalau kita udah terbiasa Lucid, pas kita mimpi terus tiba-tiba di tengah2 kepingin bangun, ya kita bisa melek dengan sendirinya.. Kalo itu pengalaman aku pribadi sih. Kalau orang lain kurang tau. Hihi.. yogi winardhana says: 12 Januari 2013 18.29 saya sering mengalami tindihan saat tidur,dan baru mengetahuinya kalo itu namanya sleep paralysis.kemrin niat banget buat nyoba lucid dream,udah masuk sleep paralysis,rasanya emang serem banget,trus kaki saya bergetar kaya ada yang garuk gtu,horor dah.tapi yakinin dalem hati kalo itu tahap masuk ke LC jadi dibiarin ajak,nah tapi gue bangun gg tau kenapa setelah sleep paralysis. gue lakuin cross check nutup hidung,cubit pipi,liat jarum jam eh ternyata gue bangun beneran.bakal nyoba buat malem ini. ada saran biar bisa masuk LD?? wenas manggarito says: 31 Januari 2013 04.42 abang saya wenas dari semarang, saya mau tanya tolong di bantu hehehe 1. saya pake teknik WILD (Wake Induced Lucid Dream), saya udah sering sadar kalo itu mimpi terus saya juga udah sering dapet Sleep Paralysis abis itu saya ngerasa jatuh abis itu kaya ruang hampa semuanya hitam bang? itu apa yaa namanya? 2. saya juga pernah dapet Sleep Paralysis terus terus abis jatuh kerasa yaka kebangun di kasur, tapi yang saya liat di seitar saya itu bentuknya bergelombang semua bang? itu kenapa ya? terus malah kebangun deh hehehe tolong bantuannya bang, saya selama ini udah sering mencoba saya udah nulis Dream Jurnal kurang lebih 6 bulan bang, tapi ga ngerti kalo udah masuk lucid tuh gimana? tolong ya bang di bantu Ghazali Raf says: 9 Februari 2013 05.04 Oke saya akan balas satu satu... 1. Yg kamu harus lakukan ketika itu hanya harus mengespresikan semua yg ada d pikiran kamu.. Karna itu adalah gerbang ke dream world tapi ingat kamu harus tetap berusaha melakukan reality check karena itu bisa jadi kamu masih berada di bawah alam kesadaran ... 2.kalau itu... Saya kurang tau... Tapi hal ini bisa d buktikan dari film yg mengungkap licud dream ini... Kamu harus menjaga emosi mu agar kamu tidak terlalu berpikir kamu sadar.... Kalau saya masuk lucid langsung dari mimpi bukan dari yg WILD Reynaldi Francois says: 4 Maret 2013 17.53 @yogi : pake teknik DEILD supaya dapet SP lebih cepet! (cek di blog aku.. ada disitu) @wenas : 1. itu namanya void. cek di internet. itu suka dibilang dimana mimpi kamu isinya biasanya hitam aja, atau penuh objek objek aneh. sering kali badan kita juga nggak muncul. 2. Sama Tolong bantu dukung lucid-dreaming-101.blogspot.com (smarturl.it/LUCID) untuk menjadi blog lucid dreaming pertama di indonesia Umar Dani | @Keritingggg says: 12 Maret 2013 11.02 Halo semua, nama gue dani... Gue sering banget ngalamin mimpi,mimpinya ini aneh.. setengah sadar, bahkan gue bisa melihat apa yang terjadi di sekeliling gue tapi tubuh gue nggak bisa di gerakkan sedikitpun. Dan gue saat itu masih dalam keadaan tidur dan bermimpi.. apakah ini termasuk lucid? mohon bantuannya... bisa kirim jawabannya di keritingggg@Gmail.com juga. Terima kasih semua.. Pencari Inspirasi says: 26 April 2013 04.04 Hai All Baru tau klo fenomena Lucid Dream pernah saya alami setelah baca artikel ini, teknik yang secara "tidak sadar" saya pakai untuk masuk ke lucid dream ialah DILD (Dream Induced Lucid Dreams). Sering sekali saya tersadar jika saya sedang di alam mimpi, dan saya ingin sekali mengendalikan mimpi tersebut, dalam beberapa kasus memang saya berhasil mengendalikannya, contoh saya berhasil terbang, n berhasil ngehancurin apapun di imajinasi mimpi saya. tetapi disinilah kekurangannya, yang saya rasakan itu entah kenapa hanya berefek sebentar, dan saya gagal untuk mempertahankan di fase tersebut, bahkan sering kali ketika saya sadar di alam mimpi, justru saya tidak bisa mengendalikan mimpi tersebut sesuai kehendak saya, rasanya berat sekali. btw adakah tips and trick lebih lanjut untuk pengendalian lucid dream dengan teknik DILD itu pastinya akan sangat membantu :). Note : saya masih baru tau dalam hal ini, dan jujur lucid dream yang saya rasakan belum bisa saya nikmati dengan "maksimal", yang orang baru seperti saya yang pernah merasakan ini pasti sependapat :p. naufal kiantama says: 29 April 2013 03.03 ehm,saya masih dalam tahap pelajaran,tolong...rapid eye movement itu apa ya? Reynaldi Francois says: 1 Mei 2013 05.16 Tolong bantu dukung lucid-dreaming-101.blogspot.com (smarturl.it/LUCID) untuk menjadi blog lucid dreaming nomor satu di indonesia +plus, disana kalo tanya saya lewat email langsung dibales! dhimas whitereaper says: 25 Mei 2013 09.33 kpingin bgt tp takutnya ga bisa bangun :( bramesta alifandry . @ifanzz17 says: 12 Juni 2013 06.52 kayaknya sih w pernah... ngalamin lucid dream, waktu itu w mimpi lg perang lawan polisi trus kyk asli bgt w bisa milih senjata yg w mau bisa kmana aja dah.. keren bay.. bramesta alifandry . @ifanzz17 says: 13 Juni 2013 08.08 tolong kasih tips supaya.. kita bisa kuat saat menghadapi tahap sleep paralyze dong.. soalnya kmaren w pas sleep paralyze gak kuat apa emang w takut kali ya? Yong Hyuna Joo says: 14 Juni 2013 03.01 saya takut gak bisa ke alam sadar lagi,itu gimana? Dinda Insani says: 15 Juni 2013 04.48 sejauh ini aku cuman bisa mengingat mimpi. tapi nggak pernah bisa sadar. ada solusi? muh alghifari says: 19 Juni 2013 09.20 sumpah masih khawatir aja sama tahap Sleep Paralyze... itu serem banget.. nggak bisa napas.. udah kaya mau mati... Avans Cross Lines says: 21 Juni 2013 00.38 udah bertahun-tahun. aku sering mimpi sadar. bahkan tadi malam aku mimpi sadar. justru aku baru tahu kalau namanya lucid dream kemarin. Ariawan Arari says: 23 Juni 2013 14.29 Misi, Mungkin emang udah lama saya tau tentang lucid dream, pada awalnya saya emang ada niatan untun mencoba,dari banyak pencobaan hanya 2 kali saya mendapatkan hasil, namun hasilnya sedikit mengecewakan yaitu sama seperti ini.Saya selalu mencoba dengan tehnik WILD, saat saya terbangun saya melihat sinar kuning yang sangat terang datang dari arah kiri saya, saya berjalan keluar pintu kamar (cahaya masih ada) dan saya sadar bahwa saya sedang bermimpi. Namun saat saya sadar bahwa saya sedang bermimpi saat itu juga saya langsung terbangun... Mohon bantunannya bagaimana cara agar saya bisa meneruskan proses selanjutnya .. Terimakasih :) Near Soul Eater says: 25 Juni 2013 10.15 waduh ane waktu nyoba teknik WILD ane belon nyampe ke blackout :3 cara ane supaya cepet SP cuman bayangin ada domba loncatin pager trs ane itung gitu tapi ya tetep gak sampe ke black out mulu :v willy ujang says: 4 Juli 2013 14.51 kemarin saya udah bisa sadar bahwa saya sedang bermimpi, trus malah bangun dan nyatanya malah false awakening :( Regarois says: 7 Juli 2013 19.57 Tolong bantu dukung lucid-dreaming-101.blogspot.com (smarturl.it/LUCID) untuk menjadi blog lucid dreaming nomor satu di indonesia +plus, disana kalo tanya saya lewat email langsung dibales! Masih Baru Buka says: 12 Juli 2013 23.56 Eh,, Gimana kalo Ngerasain udah terbang nan rasanya wuenak.. Terus aku ikutin rara itu lalu tiba" rasanya kaya jatoh dan terbangun dengan cepat ? Itu mau masuk Lucid Dream kah ? Trims.. thesia saskia Putri says: 13 Juli 2013 06.11 hmm saya coba tpi kok gak kerasa jatuh ke lubangyaa cuma rasa geli kaya terbang truss buka mata gerakin tangan cubit tangan ehh tau tau dah smpai di ld wkwkwkwk kram krum says: 26 Juli 2013 17.37 Kk aku mimpi tadi malem lalu aku Rc nutup idung bisa napas tapi pas mau bilang ini mimpi malah kebangun fachri dhia says: 26 Juli 2013 19.41 Pengen nyoba ngalamin tapi Susah banget... :( KuroShiro says: 1 Agustus 2013 16.06 Gua Dah Sering Masuk Fase "Sleep Paralyze" Tapi Malah "STUCK" Terus , Bingung Harus Ngapain..... Badan Susah Digerakin, Teriak Tidak Bisa, Jantung Berdetak Kencang, yang bisa hanya membuka mata dan memejamkan mata saja... sigap arif says: 1 Agustus 2013 18.30 Baru bisa terbang doang, giliran mau terbang sambil teleportasi susah bgt , tpi bisa cuma 2 kali, sama bisa ngeluarin senjata tapi petasan yang keluar Ezra Wahyu says: 2 Agustus 2013 06.08 Saya sudah kena 3 kali sekaligus tapi itu gg sengaja, tapi kenapa ya semuanya itu mimpi buruk, mungkin ada tahapnya mimpi nya biar kgk buruk? ridho gilang fiesta says: 3 November 2013 07.05 gw barusan dah coba dikit sampe SP ngeri banget padahal gw cuma goyang dikit tp rasanya kayak gepa Young Spizzy says: 6 November 2013 09.16 gue baru kemaren ngalamin dan gue suka. Pertama gue tegasin gue pengen LD, abis itu gue coba tidur tapi kondisi gue paksa terjaga biar ga deep sleep. Dan gue pertahanin itu sampe makin lama makin ngantuk tp tetep terjaga. Dan langsung kaya ada sesuatu yg pengen buat gue berontak. Tp gue tahan sampe akhirnya gue ngerasa bangun. Gue pengen gerakin badan tapi susah dan gue paksa akhirnya gue gerak. Pas gue coba reality check gue emg udh ga ngerasa sakit. Berarti gue udh berhasil. Agy Anggara says: 10 November 2013 02.46 lucid dream tidak boleh di praktekan dan di coba oleh orang2 yg ber-otak ngeres seperti saya ini,, :-P sekali berhasil LD langsung cari mangsa siapa aja yg ada di depan, hahahah.... :-D Atok Losu says: 25 November 2013 21.54 Kebanyakan dari Kalian Semua kok malah mau mimpi yg seperti itu. klu bisa lbh baik kita tidur normal aja. krn saya rasa itu tidak baik. sangat mempengaruhi mental dan kesehatan kita. saya sendiri pingin sekali tidur normal. karena dari kecil hampir setiap malam saya bermimpi. terkadang tersadar dalam mimpi. pernah saya saat sadar dlm mimpi saya malah jadi merasa sedih krn nggk tau lagi harus bgmn. soalnya keseringan mimpi.. capekkkk rasanya.. saya hanya duduk termenung d mimpi saya sendiri sampai menunngu raga saya bangun. Bahkan saya pernah mengalami mimpi yg ekstrim. setiap saya mimpi orang meninggal, esok harinya pasti ada yg meninggal, dan kejadian itu terjadi sampai berkali kali sampai akhirnya berakhir sampai kepada keponakan saya yg meninngal. dan saya selalu merasa dihantui dimulai setiap sore hari selama lebih dari sebulan. saya selalu merasa ketakutan setengah mati...tapi itu sdh berlalu., dan yg sekarang tersisa hanya mimpi2 biasa atau jg yg kalian sebut dng Lucid Dream tsb.. Saya sering berolah raga. khususnya badminton pada malam hari.. awalnya saya berpikir klu saya sdh kelelahan bisa tidur enak.. tapi itu bukan menjadi solusi buat saya. so.. Guys.. bersyukur buat anda2 yg masih bisa tidur nyenyak.. Henry Sulaiman says: 1 Desember 2013 20.54 pake teknik apa ya untuk pemula , gila soalnya pas sebelum saya tau arti "lucid dream" , saya pernah ngerasain sleep paralyze (waktu itu juga belom tau maksudnya) tiba" badan gk bisa digerakin terus kaya ada suara ... udah pokoknya horror banget dah , karena gk nahan yaudah paksain bangun akhirnya bisa . apa emang kalo mau masuk ke LD harus masuk ke tahap SP dulu ya ? (gk pernah berhasil ke LD kayanya wkwk) tolong pencerahannya thanks. Abraham Kurnia Hermawan says: 14 Desember 2013 02.27 iya kebanyakan orang kalo lagi tahap SP emang selalu horror. entah denger suara aneh atau liat yang aneh. kalo menurut ane itu karena orang indonesia dari kecil dicekokin sama hal yang horror. coba deh pas SP buang jauh-jauh pikiran-pikiran atau imajinasi yang horror. bayangin aja setting tempat yang bagus yang kita pengen. itu ngebantu banget buat ngelawatin tahap SP dan cepet masuk ke lucid dream.. cara ane sih begitu dan berhasil..semoga bisa ngebantu yaa...... Henry Sulaiman says: 16 Desember 2013 05.54 oh gitu ya , ternyata saya udah pernah ngalamin SP 3x saat waktu itu belom mengerti pengertian SP .. ok thanks infonya ya :D Billy Anthony says: 16 Desember 2013 09.36 Hari ini saya baru tau Lucid Dream begitu baca artikelnya langsung tertarik dan ternyata saya juga pernah mengalami LD secara tidak disengaja tapi semua LD yang saya ingat cuma mimpi buruk (ada setan) kenapa ya, trus teknik yang mudah buat pemula gimana , mulai hari ini saya akan coba pake WILD ato FILD Billy Anthony says: 16 Desember 2013 09.40 Oh ya, apa cara diatas tidak dapat dilakukan bila tidak melalui WBTB? Billy Anthony says: 17 Desember 2013 01.34 Wah ternyata yang saya alami dulu cuma vivid dream ( mimpi yang nyata dlm warna, bentuk,dll) berarti harus belajar LD dari DJ dan recall Zaidan Hanif says: 22 Desember 2013 22.17 wah ane nyoba yg WILD pas tahap 7 malah kebangun pas jatuh ke lubang :( Ari Yanto says: 28 Desember 2013 01.06 Iya gan,aku juga sering sadar saat bermimpi sampe sekarang juga masih tapi bikin pusing,pengennya mimpi normal aja.tapi tetep aja terlalu keseringan kejadiannya:(. Soalnya dari awal otakku udah aku sugestiin ama aku sendiri"saat mimpi di pikiran saya berkata berpikir ini hanya mimpi!" ya udahlah biarin aku catatin aja mimpinya di buku pribadi saya. terus saya terusin aja mimpinya pake pikiran seliwat/imajinasi sendiri jadi dech,enak banget rasanya pas imajinasiin makan donat super lezat rasanya kaya makan asli kerasa manisnya yami pokoknya,tapi yang sebelnya udah gak sengaja imajinasiin keusuk ato apalah sakit beneur nyeseuk ke jantung ama di bagian perut terus bangun dech! Kalo yang munculnya yang serem-serem mah aku suka main-mainin aja kaya di tinju-tinju in ama aku setannya pake sarum tangan petinju dan lainnya hahaha seru! Pas baru baca-baca artikel tentang mimpi ga tau itu LD ato bukan! Mohon penjelasannya,terima kasih. Tutorial Drum says: 1 Januari 2014 18.17 Gan 2 hari ini saya berhasil mengalami lucid dream, tanpa melalui sleep paralysed, saya sadar bahwa saya sedang bermimpi, tapi ketika saya ingin mencoba teleport ke tempat lain atau ingin terbang mengapa sulit sekali, padahal saya sudah konsentrasi sekuat tenaga, tetapi tetap saja saya berada di tempat itu, dan pernah saya mengalami ketika di mimpi itu saya berada di rumah saya, dan timbul keinginan saya ingin terbang, yang ada malah saya masuk ke fase sleep paralysed, dan tubuh saya serasa berputar Terkadang juga saya ingin memenuhi kebutuhan biologis saya, yang pasti sudah tidak aneh lagi untuk kaum pria, saya ingin mendatangkan seseorang (wanita) akan tetapi mengapa sangat sulit sekali, saya malah tidak bisa mengendalikan mimpi saya, tetapi saya sadar dalam mimpi saya itu, dan hanya bisa menjelajahi mimpi yang saat itu saya impikan, bukan saya inginkan . . . pertanyaannya adalah mengapa saya tidak dapat mengubah semua yang ada di mimpi saya, dengan kehendak saya ? bayu anggaz says: 6 Januari 2014 21.10 boleh sedikit bertanya ; seseorang yg memasuki alam lucid dream , apakah benar itu alam gaib atau alam imajinasi (khayalan ciptaan pikiran kita) ?. dulu sy pernah latihan lucid dream beberapa kali sampai berhasil ke tingkat astral projection. suatu saat sy pergi ke tempat guru sy yg bisa meraga sukma. beliau berkata kalau latihan seperti itu jangan melibatkan jin. padahal waktu latihan sy tidak menggunakan mantra atau amalan doa. ternyata secara tidak langsung jin yg ada disekitar rumah sy atau mahluk astral lainnya ikut membantu sy melakukan lucid dream tanpa sy minta. cirinya lucid dream yg dibantu oleh jin yaitu : terasa ada perasaan takut sekali, kaki atau tangan kaya ada yg ngangkat lalu terasa melayang atau kadang terasa jatuh kebawah atau terasa gelap sekali, kadang kita bisa melihat sosok yg ada disekitar kita. Nara Kinomoto says: 12 Januari 2014 21.01 salam kenal,, saya sudah mengalami lucid dream sudah cukup lama, yg menjadi pertanyaan saya selalu mengalami mimpi di setiap kali saya tidur dan sekitar 80% dari mimpi tersebut adalah lucid.. apakah di wadah ini, bisa untuk bertukar pengalaman dan sebenrnya potensi positif yang saya dapatkan dari lucid sangat banyak. apakah teman2 yg sesama lucid juga mengalami hal yang sama, Azizah Nur Rachmah says: 1 Februari 2014 17.13 Aku mau lanjutin lucid dream tadi pagi, bisa ga sih? Gimana ya caranya? suryani anwari says: 22 Februari 2014 01.32 Ak mau coba ah.. Biasanya aku lumayan sering ngalamin mimpi (yg sekarang baru tau namanya lucid dream ini) hehee Pernah sekali ngelewatin tahap yg ternyata namanya SP, tp emang serem bangeet.. Kaya mau dicabut nyawa aja -,- sekalinya bisa bangun, malah pas bangun, aku masih di alam mimpi. Berusaha buat bangun laginya susah, sampe 3kali kaya gitu, pas bangun masih ada di alam mimpi. Malah aku sampe bisa ngeliat aku lagi tidur dan jatuh dari tempat tidur. Tapi akhirnya aku bisa bangun ke dunia nyata hehehe Seneng deh ternyata yg ngalamin kaya gitu byk juga ya? Soalnya kalo cerita ke temenku,ga ada satupun yg pernah ngalamin tidur kaya aku. Bahkan mimpi aja kayanya temenku jarang, sedangkan aku setiap tidur ga pernah ga mimpi. Sekarang aku mau nyoba buat nikmatin Lucid dream aku deh, pake langkah langkah yg ditulis diatas . Makasih yaaa infonya :) Yugo Mugi says: 28 Februari 2014 03.44 Permisi saya mau tanya, jadi sekitar 2010 lalu saya mulai coba lucid dream nih, dan saya berhasil, lalu berkelanjutan sampai sekarang. nah akhir akhir ini saya jadi bingung nentuin saya lagi di LD atau di dunia nyata, jadi pas saya bangun, saya ngerasa kaya belum bangun sepenuhnya, dan waktu ngejalanin aktivitas ( tapi saya sadar ini tuh dunia nyata) tapi gatau kenapa rasanya kaya lagi di mimpi gitu. jadi akhir akhir ini kata temen saya kalo saya lagi ngobrol sama dia, saya suka bengong aja, padahal waktu bengong tuh saya mikir kok ini dunia nyata berasa kaya mimpi. tolong ada yang bisa bantuin? saya mau balik ke normal lagi.. syafry ardiansyah says: 12 Maret 2014 02.24 gua juga sering ngalamin LD tapi itu dulu , soalnya sekarang pas lagi SP suka kebayang yang horror makannya langsung bangun-_- Maulida Fridayanti says: 5 April 2014 01.28 ga bisa-bisa my_first_blog says: 5 April 2014 18.02 Dulu sering banget sampe tahap astral, cuma keburu ke takutan gara gara filmnya insidious jadinya ngeberontak pengen cepet 2 bangun tapi malah makin susah bangunnya kalo ngeberontak gitu, kalo lucid yg ngerubah mimpi aja sih sering, kayanya gara gara sebelum tidur dalam keadan ga relax deh, dalam keadan mikir jadi otak tetep bekerja pas masuk dunia mimpi, seru sih bisa rubah rubah yang kita mau, cuma abis bangunnya pusing :D *amatiran* Dilla says: 7 Juni 2014 21.50 Kalo kita udah masuk tahap sp lalu terlanjur memberontak dan ketakutan solusinya bagaimana ? asef Soenandar says: 23 Juni 2014 08.38 agan saya uda coba..saya tdur jam 21;00 saya berusaha rilex dan tersdar saya bermimpi d dalem mimpi saya berusaha melakukan hal yang sama yang sedang saya lakukan yaitu berusaha untuk LD ..tapi ditempat yang berbeda ...dan dalam mimpi iitu saya gagal melakukan ld..dan tak lama saya sadar(terbangun) jam 22;00 dan saya baru sadar bahwa yang tadi saya alami itu mimpi...lalu saya tulis di JP(jurnal mimpi) dan salanjutnya apa ya yang saya lakukan. syahla says: 24 Juni 2014 22.57 saya umur 13 tahun. saya mau tanya, saya sering banget ngerasain sp bahkan setiap malam. tempat tidur saya sebelah meja komputer. waktu itu saya ngalamin sp, seperti biasa saya gabisa gerakin tubuh, saya coba untuk biarin aja nah tbtb saya melek dan ngeliat ruangan kamar saya seperti biasa, saya kira saya bangun tengah malam, saya ga coba buat bangkit dari kasur karena saya masih bingung. beberapa detik (mungkin) saya baru melek (melek yang kedua kalinya) tapi melek yang kedua saya melek sambil kaget. itu apa ya? mohon dijawab, terima kasih. maaf baru comment, saya baru baca hehe. Rai's Blog says: 30 Juni 2014 14.30 tau gitu kalau pas ketindihan gausah bangun, biar sekalian lucid dream. :')) Rafli Firmansyah says: 26 Juli 2014 06.57 Itu sleep paralysis namanya sering ana gitumah johan says: 20 Agustus 2014 12.10 invite ya sob 7F807BA6 Ghufran Zul Qisthi says: 8 September 2014 22.34 Hai semua, gua ufan, 17 tahun cowo, udah sebulan ini gua SP mulu, setiap SP selalu ada bayangan yg kayak nge bekep gua, guaselalu takut dan maksaa sadar. Akhir2 ini SP gua udah gak di sertain bayangan, gua cuman ngeliat keaddaan sekeliling kamar gua tapi gak bisa gerak, akhirnya setelah baca artikel ini, tadi malem gua coba masuk ke LD dengan ngelewatin fase tindddihan, gua lawan tindihan gua dengan cara maksa berdiri, akhirnya gua bisa berdiri, tapi kepala dan badan berat banget sampe akhirnya ambruk lagi, dan akhirnya terpaksa gua bangun karena udah ketakutan, tolong tanggapan sama nasehatnya yah semua & admin....oh iya kalau bisa buat group khusus di lline/ bbm buat kita2 yg di beri kemampuan khusus buat ngeendaliin mimpi dong, supaya bisa sharing heheh, salaam kenal semuanya zian exlozer says: 11 September 2014 06.52 Sebenarnya SP itu kalau gaj di lawan bisa mengakibatkan kematian gua pernah ngerasain sp tapi takut badan gak bisa di gerakin suara gak bisa keluar terus ane memberontak mau bangun akhirnya bangun juga Endiy Pamungkas says: 7 November 2014 06.24 Di tahap SP, Saya Sampe Nyebut2 Astagfirullah, Subhanallah dll. PokoNya Pasrah aja Kalo Nyawa saya Sedang diAmbil, .ohg ternyata itu SP toh.. Serem bangett..?? Vannesa Alviora says: 27 November 2014 06.43 Pastiakan kamu punya totem buat mastiin lagi berada di world dream atau engga Luvian Muhammad says: 4 Desember 2014 00.22 Kalo masuk SP gw pas melek malah lihat makhluk astral bahkan sama denger suara" keras. Spt org triak, nangis, anak kecil tertawa, ank kcl lari. Nah seremnya disitu. trs roh kita mau kluar tp smpek situ gw sadar dan gagal masuk Astral Projection. Pdhl pingin bgt. aurell belva Kirana says: