berbagi berita bahagia

{Movie Review} Blue Lagoon (1980)

20150423

{Movie Review} Blue Lagoon (1980)

Blue Lagoon
Title: Blue Lagoon 
Cast : Brooke Shields, Christopher Atkins, Leo McKern, etc
Director : Randal Kleiser
Release : 1980
Language: English
Rating : 3/5
Synopsis : Apa yang akan kalian lakukan jika berada dalam pulau terpencil? Dua anak kecil yang terdampar pada sebuah pulau di Lautan Pasifik. Tanpa orang dewasa, mereka pun tumbuh menjadi remaja yang dipenuhi rasa penasaran dan cinta. 
Pertama, mau jelasin dulu nih, kenapa ada film beginian nongkrong di review movie yang gue bikin. Awalnya, download film ini karena kecepatan internet di kampus lagi “HOT” banget (nyampe 2MB) yang bikin mata gue kalap buat download semua film yang posternya tampak menarik di mata gue. #halah
Hingga akhirnya, yah~ Berhubung judulnya langsung jleb banget di otak dan dari sinopsisnya pun cukup menggugah, jadi apa boleh buat. Gue pun mendownload film ini untuk kemudian gue tonton.
Blue Lagoon1
Film dibuka dengan adegan potongan gambar lukisan yang menggambarkan keadaan sebuah kota modern pada masa itu. Lalu, beralih pada sebuah kapal yang ada di tengah lautan. Kapal ini mengangkut Richard (Christopher Atkins) dan Emmeline (Brooke Shields), dua orang sepupu yang sedang berlayar bersama ayah Richard menuju San Fransisco. Akan tetapi, ternyata kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan dan kebakaran. 
Blue Lagoon2little Richard and Emmeline. So adorable :D
Richard dan Emmeline yang menaiki sekoci bersama Paddy (Leo McKern) terpisah dari ayah Richard karena pandangan mereka tertutup asap dari kapal mereka. Tanpa makanan dan hanya ada uang. Well, kali ini uang nggak berguna di tempat seperti ini, right? 
Blue LagoonPemandangan bawah lautnya *.*
Mereka yang berhari-hari terombang ambing di lautan lepas akhirnya menemukan sebuah pulau dan mulai tinggal di pulau tersebut. Paddy, satu-satunya orang dewasa yang ada pun membimbing Richard dan Em untuk membuat rumah sederhana dan berbagai keahlian kecil.
Blue Lagoon3
Hingga pada suatu malam, Paddy menghilang setelah pesta kecil-kecilan yang mereka buat. Richard dan Em mengira Paddy hanya berjalan-jalan atau berenang ke pulau lainnya. Tapi, setelah mereka berdua mencari Paddy dan menemukannya sedang terlentang di pinggir pantai, Paddy ternyata sudah tiada! Ternyata, pada malam itu Paddy sedang dalam keadaan mabuk (karena meminum Rum yang ditemukan di pulau terpencil itu) dan dia pun berenang dalam keadaan mabuk. Mungkin ini juga yang menjadi salah satu penyebab Paddy meninggal.
Poor Richard and Em. :'(
Blue Lagoon4pilih sukun apa pisang? XD
Richard dan Em bingung. Kini, hanya ada mereka berdua, anak kecil yang belum mengerti apa-apa dan tidak ada Paddy lagi yang membimbing dan melindungi mereka. Untuk melupakan kejadian yang dialami Paddy, Richard dan Em pergi dari pulau itu dan mencari pulau lain untuk tinggal. Di pulau yang baru inilah mereka berdua membangun rumah, makan, dan tinggal. 
Blue Lagoon.mkv_001816355the sexy Richard yang abis berenang dan siap handukan pake lap kanebo. #eh
Mereka berdua pun tumbuh dewasa meskipun tidak seperti remaja pada umumnya. Mereka saling melindungi dan berbagi tugas. Masalah demi masalah pun mulai berdatangan. Mulai Em yang tiba-tiba mengalami datang bulan dan tidak tahu apa yang harus dilakuan. Richard yang merasa berbeda ketika berada di dekat Em. Hingga akhirnya mereka pun menyadari bahwa selama mereka bersama telah tumbuh benang-benang cinta tali asrama asmara. #halah
Blue Lagoon.mkv_004283695yeay~ happy marriage! >.<
Rachel dan Em pun menikah tanpa ada pastur atau pendamping. Hanya mereka berdua. *uhuk* Hingga akhirnya, Em hamil dan mereka berdua tidak tahu apa yang terjadi pada tubuh Em yang mulai membesar, ada sesuatu yang menendangnya di dalam perutnya, dan terus menerus makan tanpa henti.
Blue Lagoon.mkv_004600512hayo, siapa yang mau saya makan?
Suatu hari, Em yang merasa sedang ingin berjalan-jalan pun pergi masuk ke dalam hutan. Richard yang sedang pergi mencari ikan di laut pun merasa khawatir saat tidak menemukan Em dimana-mana. Saat mencari ke dalam hutan, ternyata Richard menemukan suku kanibal yang memangsa dan membunuh satu sama lain. Richard yang ketakutan pun kabur (untungnya berhasil) dan menemukan Em di akhir pelariannya itu.
Blue Lagoon.mkv_005139550Paddy kecil sedang belajar berenang :3
Em yang sedang dalam keadaan hamil besar pun melahirkan seorang bayi laki-laki. Mereka berdua pun bingung. Tidak tahu kenapa Em bisa mengeluarkan bayi dari perutnya. Akhirnya, mereka pun merawat bayi itu dengan trial and error (karena nggak tahu cara ngerawat bayi).
Blue Lagoon.mkv_005854765
Suatu hari, Em yang sedang bermain di atas sekoci bersama Paddy (bayi yang dilahirkan Em), ketiduran. Dan saat Em bangun, satu dayung terjatuh ke dalam air. Em yang merasa kesusahan pun memanggil Richard yang sedang mengambil buah-buahan. Pada saat Richard berenang itulah, ada hiu yang datang. Dengan cepat, Richard berhasil naik ke atas kapal. Akan tetapi, untuk menghalau kedatangan hiu itu, Em melempar dayung yang satunya lagi sehingga mereka tidak punya dayung yang bisa digunakan untuk kembali ke daratan. Berhari-hari mereka berada di tengah lautan. Tanpa makanan dan tanpa minuman.
Lalu… Lalu liat sendiri aja filmnya.
Blue Lagoon.mkv_006186930Akhir dari segalanya. Matahari mulai terbenam~ Teletubbies berpamitan. #eh
Wkwkwk. Masa dikasih spoiler banyak banget. Ntar jadinya nggak nonton dong karena udah dikasih spoiler. Yang jelas, film ini bener-bener dahsyat! Suka banget sama cara pengambilan gambarnya.
Blue Lagoon.mkv_001117240
Hello~ Ini film tahun 80-an loh. Dengan kamera yang minim (dibandingkan sekarang), mereka bisa ngambil pemandangan sebagus itu. Salut gue sama kerja tim kreatifnya. Mungkin rada sedikit membosankan buat yang suka film beralur cepat karena alur film ini termasuknya cukup lambat. But, yang suka banget sama film jadul, bolehlah jadi koleksi. :D 
Film ini juga udah ada sekuelnya, Return to the Blue Lagoon (1991) dan masih sedang dalam proses pencarian videonya utuk ditonton. Suwer dah. Susah banget nyari video film jadul. Giliran dicari, nggak ada. Nggak dicari aja, nongol sendiri. -..-
Selain itu, film ini  juga merupakan karya novelis Henry de Vere Stacpoole dengan judul sama, Blue Lagoon.
Dan emm… Di Amerika sendiri, film ini termasuk film PG13. Jadi, kalau yang masih dibawah umur, ajaklah papa dan mama kalian untuk nonton bersama. Film ini penuh adegan nudity (bukan erotica). Tapi, sudah diminimalisir dengan penggambilan angle gambar yang tidak memperlihatkan ke-nudity-an itu. #halah *bukan fokus saya*
Blue Lagoon.mkv_002773687
Anyway, ada yang nduga nggak kalau Brooke Shields yang berperan sebagai Em masih berumur 14 tahun saat bermain film ini? :P